HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Harimau Sedunia diperingati pada tanggal 29 Juli di setiap tahunnya.

Harimau sendiri merupakan salah satu hewan yang agung, dengan ciri khas garis-garis berwarna oren dan hitam pada bagian tubuhnya. Bahkan, di beberapa negara harimau melekat dalam budaya.

Salah satu tujuan diadakannya Hari Harimau Sedunia ini, karena harimau dihadapkan dengan kepunahan. Hal tersebut tentu diakibatkan dari perburuan liar, konflik dengan manusia, hilangnya habitat dan lain sebagainya.

Dapat diketahui bersama, perburuan liar serta industri perdagangan ilegal menjadi ancaman terbesar bagi spesies yang satu ini. Adanya penggunaan tulang harimau sebagai obat-obatan, kulit, maupun bagian tubuh lainnya yang disulap menjadi kebutuhan manusia mengakibatkan kepunahan secara dini.

Selain itu, ancama lain juga diakibatkan karena hilangnya habitat. Habitat harimau berkurang karena jalur akses seperti pemukiman manusia, penebangan kayu, perkebunan, hingga pertanian.

Hilangnya habitat tersebut tentu mendorong harimau untuk mencari tempat baru. Itu lah mengapa banyak contoh kasus harimau masuk ke pemukiman warga, yang kemudian berkonflik dengan manusia.

Tujuan dan Sejarah Hari Harimau Sedunia

Hari Harimau Sedunia dirayakan di setiap tahunnya pada tanggal 29 Juli di seluruh dunia, agar kita semua dapat meningkatkan kesadaran akan konservasi harimau.

Hari Harimau Sedunia bertujuan untuk membangun sistem yang berlaku bagi semua negara untuk melindungi harimau dan habitat alami mereka.

Terjaganya habitat harimau yang aman dan berkembang berarti kita secara tidak langsung ikut melestarikan spesies lain. Melalui hari besar ini juga, diharapkan harimau dapat hidup bersama dengan manusia secara damai.

Hari Harimau Sedunia itu sendiri pertama kali dirayakan pada tahun 2010 setelah ditemukannya bahwa sekitar 97 persen dari semua harimau liar telah menghilang dalam satu abad terakhir, dengan hanya sekitar 3000 dari mereka yang tersisa.

Ada pun tujuan utamanya dari Hari Harimau Sedunia tersebut juga untuk menghentikan angka berkurangnya harimau yang semakin kesini, semakin memburuk.

Seiring dengan dilestarikannya harimau, Hari Harimau Sedunia juga bertujuan untuk melindungi dan memperluas habitat mereka.

Dalam hal ini, beberapa organisasi internasional pun turut berpartisipasi memperingati Hari Harimau Sedunia, seperti World Wide Fund for Nature (WWF), International Fund for Animal Welfare (IFAW), Smithsonian Institute.