Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Lagi, 157 WNA China Masuk Indonesia Ketika Rakyat Dilarang Mudik

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sebanyak 157 warga negara asing (WNA) dari China kembali tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu (8/5) pagi tadi.
Sebelumnya, Indonesia kedatangan 85 orang warga negara China yang masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (4/5). Mereka bekerja untuk proyek strategis nasional pemerintahan Presiden RI Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Bahkan 2 orang dinyatakan positif Covid-19.
Ditengah larangan mudik untuk mecegah penularan Covid-19, masuknya WNA China malah bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah yang sedang ketat menjaga penularan Covid-19.
Pemerintah menyebut mereka yang akan bekerja di Indonesia telah mengantongi rekomendasi dari instansi berwenang.
Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Jhoni Ginting mengatakan seratusan WNA itu datang dengan menumpang pesawat China Southern Airlines CZ387 (regular flight) dari Guangzhou. Mereka tiba di Indonesia pada pukul 05.00 WIB.
Jhoni mengatakan para WNA telah memenuhi syarat dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.
“Seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata,” kata Jhoni dalam keterangan tertulis, Sabtu.
Dia merinci detail penumpang yang datang dengan pesawat tersebut yaitu 157 WNA dan tiga WNI. Menurutnya, seluruh WNA telah mengantongi rekomendasi dari instansi yang berwenang.
Jhoni mengatakan sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, seluruh penumpang mendapatkan rekomendasi (clearence) oleh pihak KKP Kementerian Kesehatan.
“Petugas imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para penumpang tidak lulus pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri yang telah ditentukan oleh Satgas Penanganan Covid-19,” katanya. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru