HOLOPIS.COM, JAKARTA – JIP yang merupakan maskot FIBA World Cup 2023, diciptakan untuk misi khusus yakni menyatukan seluruh pecinta basket di dunia.

Dilansir dari situs resmi FIBA Kamis (28/7), misi JIP itu sendiri telah secara tegas disertai seiring dengan pengumuman namanya di hari Kamis ini.

Ada pun kisah JIP tersebut dimulai dari bertemunya tiga orang penggemar bola basket dari ketiga negara secara online, pasca mengetahui agenda turnamen yang rencananya akan digelar di negara mereka. Ketiga orang tersebut yakni Colay dari Filipina, Kota dari Jepang dan Dewi dari Indonesia.

Ketiganya pun kemudian membuat robot bola basket, di mana JIP terinspirasi untuk membangun lebih banyak persahabatan dan mempelajari tentang budaya serta kualitas dari negara tuan rumah, Jepang, Indonesia, Filipina.

Maka dari itu, JIP diambil dari huruf depan tuan rumah FIBA World Cup 2023 yakni Japan, Indonesia, Philippines atau Jepang, Indonesia dan Filipina.

Maskot FIBA World Cup 2023 itu pun diprogram untuk menjadi menyenangkan, ramah dan sporty, dengan keterampilan dribbling yang hebat dan juga memiliki dunk supersonik, dimana maskot tersebut akan mempromosikan turnamen basket terbesar di dunia itu sendiri secara global, serta membagikan kecintaannya pada bola basket dengan melibatkan orang sebanyak mungkin menjelang acara dimulai.

Tak hanya itu, ketiganya juga merancang maskot bagi para pecinta bola basket untuk lebih memperhatikan lingkungan dan mendidik generasi muda tentang daur ulang, seperti adanya jaring yang terdapat di bagian punggung maskot.

Sementara, sepatu listrik yang digunakannya dijalankan dengan energi yang dikonversi dari limbah daur ulang itu sendiri.

Tampak belakang maskot FIBA World Cup 2023
Tampak belakang maskot FIBA World Cup 2023 (Foto: Tangkapan Layar YT FIBA Media)

Warna maskot mewakili masing-masing dari tiga bendera nasional tim tuan rumah.

Body maskot FIBA World Cup 2023
Tampilan warna keseluruhan maskot FIBA World Cup 2023 (Foto : Tangkapan Layar YT FIBA Media)

Wajah LED maskot tersebut memungkinkannya untuk dapat berkomunikasi dengan jutaan orang dalam berbagai bahasa, serta dapat membuat banyak ekspresi yang menyenangkan.

Tampak wajah maskot FIBA World Cup 2023
Tampak wajah maskot FIBA World Cup 2023 (Foto: Tangkapan Layar YT FIBA Media)