Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Siapkan PMK Hindari Saldo Mengendap di Pemda

Kemenkeu Siapkan PMK Hindari Saldo Mengendap di Pemda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyoroti dana anggaran pemerintah daerah (Pemda) yang masih banyak mengendap di perbankan. Bahkan pada Juni 2022, tercatat saldo pemda yang mengendap di perbankan mencapai Rp220,95 triliun.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Astera Primanto Bhakti mengatakan, bahwa pihaknya akan mengeluarkan peraturan menteri keuangan (PMK) yang berisi aturan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Ini sekarang menjadi pemikiran kita, dengan saldo kas pemerintah daerah yang masih banyak di perbankan, kita akan mengatur dengan lebih kuat,” kata Astera dalam Media Gathering di Sentul, Jawa Barat, Kamis, (28/7).

Nantinya, PMK yang dijadwalkan terbit tahun 2022 ini, akan menyesuaikan besaran penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) sesuai dengan kebutuhan daerah.

Kesesuaian laporan pemda juga akan menentukan kapan penyaluran DAU akan dilakukan. Hal ini guna memastikan kedisiplinan Pemda perihal penggunaan anggaran.

“Biasanya laporan yang diminta terkait berapa porsi anggaran untuk pegawai. Kita ada sistemnya, tapi kita juga meminta self declaration (deklarasi mandiri) dari daerah. Ada daerah yang tidak memberikan laporan, kita perlu cross check untuk melihat penggunaan anggaran daerah masih sesuai atau tidak,” ucapnya.

Astera menjelaskan, bahwa selama ini penyaluran DAU dari pemerintah pusat ke Pemda dilakukan sebanyak dua belas kali dalam setahun, atau dilakukan pada hari terakhir setiap bulannya.

Hal itu, lanjut dia, untuk memastikan pemda memiliki anggaran yang cukup untuk membayar gaji pegawai.

“DAU menjadi anggaran transfer ke daerah terbesar dibandingkan yang lain, ini perlu menjadi perhatian. Kalau dilihat, penyaluran DAU setiap bulan bisa tinggi bisa berkurang sedikit karena ada persyaratan penyalurannya,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.