HOLOPIS.COM, TOKYO – Presiden Jokowi memberikan peringatan khusus kepada pemerintah Jepang untuk bisa mempercepat penyelesaian sejumlah kerjasama proyek strategis di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang bersama sejumlah rombongan lainnya.

“Beberapa proyek strategis yang saya sampaikan agar dipercepat penyelesaiannya,” kata Jokowi, Rabu (27/7).

Jokowi mengungkapkan, beberapa kerjasama proyek strategis tersebut antara lain MRT Jakarta untuk North dan South-nya kemudian Fase II dan juga East-West untuk Fase I, kemudian kawasan industri di Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban, dan Jalan Tol Akses Patimban.

Selain itu, Jokowi kemudian juga membahas mengenai sejumlah kerjasama proyek lain yang akan menjadi kesepakatan antara kedua negara yakni komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela.

“Kami terus mengharapkan dukungan pengetahuan dan teknologi baru Jepang untuk mendukung beberapa proyek strategis Indonesia, terutama untuk hilirisasi komoditas alam, pengembangan mobil dan motor listrik, serta sektor kesehatan dan pangan,” pintanya.

Ditambahkan Jokowi, salah satu proyek yang sangat diharapkan bisa terjalin dengan negara Jepang yakni industri yang lebih ramah lingkungan.

“Secara khusus, saya mengajak Jepang untuk mendukung percepatan pencapaian target Net Zero Emission Indonesia melalui advokasi innovative technology, seperti teknologi hidrogen dan amonia,” pungkasnya.