HOLOPIS.COM, JAKARA – Agenda opening ceremony Olimpiade Paris 2024, yang sebelumnya resmi mengumumkan slogan bernama ‘Games Wide Open’, digadang-gadang akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Olimpiade.

Dapat diketahui bersama, opening ceremony Olimpiade Paris 2024 nanti rencananya akan diadakan di sepanjang Sungai Seine, di mana sungai tersebut merupakan salah satu lokasi iconic dan bersejarah yang membelah kota Paris.

Dilansir dari AP News Rabu (27/7), pembukaan Olimpiade Paris 2024 nanti akan menyajikan hal yang berbeda, bukan di sebuah stadion, melainkan bakal diadakan di sungai Seine.

Laporan tersebut mengklaim bahwa, akan ada sebuah perahu yang bakal mengangkut 10.500 atlet di jalur air dari timur ke barat, kemudian melewati landmark kota, di mana beberapa di antaranya akan digunakan sebagai tempat pertandingan nantinya.

Pihak penyelenggara sendiri telah merencanakan bahwa setidaknya 600 ribu penonton dapat dihadirkan, serta seluruh rangkaian openingnya akan dibuka secara gratis.

Hal ini pun kemudian didukung penuh oleh pemerintah pusat yakni Presiden Prancis, Emmanuel Macron dikabarkan telah mengadakan pembicaraan di Paris bersama Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) bernama Thomas Bach, beserta pejabat keamanan untuk meninjau perencanaan Olimpiade.

Pembicaraan tersebut juga dinilai menandakan upaya percepatan Paris, dalam mempersiapkan Olimpiade yang dimulai 26 Juli sampai 11 Agustus 2024 mendatang.

Dukungan dari para pejabat tinggi itu pun telah dikonfirmasi langsung oleh Tony Estanguet selaku Presiden Olimpiade Paris 2024, yang mengatakan bahwa Macron, menteri dalam negerinya dan kepala kepolisian Paris telah menegaskan kembali dukungan penuhnya untuk penyelenggaraan tersebut di Seine.

“Tidak ada hambatan besar dalam penyelenggaraan upacara ini,” ujar Estanguet.

Estanguet juga menjelaskan mengenai slogannya ‘Games Wide Open’, di mana ia mengungkapkan bahwa hal tersebut mencerminkan keinginan dalam sebuah permainan yang dapat diakses dan digunakan untuk membuka pikiran, dengan penekanan pada hak-hak LGBTQ, kesetaraan gender dan hak-hak penyandang cacat.

“Permainan terbuka lebar, benar-benar menjadi motivasi kami sejak awal. Ini adalah slogan sederhana yang mengatakan dengan tepat apa yang penting bagi kami,” lanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, ada pun rinciannya di mana penyelenggara Olimpiade Paris 2024 mengungkapkan bahwa ada 10 juta tiket, di mana semua harga untuk seluruh cabor dimulai dengan harga 24 Euro atau sekitar 24, 5 Poundsterling dan hampir setengah dari tiket yang dijual ke muka publik akan berharga 50 Euro.