Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mudik Lokal atau Aglomerasi Sulit diawasi di Jogja

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah melarang segala jenis mudik termasuk mudik lokal atau aglomerasi. Mudik di semua wilayah dilarang tanpa pengecualian pada 6-17 Mei 2021. Sebelumnya diberitakan mudik lokal atau aglomerasi tidak dilarang, namun seiring meningkatnya pemudik menuju kampung halaman, kini mudik lokalpun tidak diperbolehkan.
Persepsi ini muncul mengingat tidak ada pembatasan transportasi di wilayah aglomerasi berdasar Permenhub No 13/2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Idul Fitri 1442 H.
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengetahui informasi kebijakan ini baru tadi pagi. Dia pun akan mengkonfirmasi kebijakan tersebut ke pusat.
“Karena sampai sekarang regulasinya belum ada. Saya baca dari berita saja bahwa aglomerasi tidak dilakukan,” kata Aji di kantornya, Jumat (7/5).
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki wilayah aglomerasi Jogya Raya meliputi: Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul.
Aji mengakui pengamanan pelarangan mudik lokal di DIY sulit. Terlebih untuk Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Sleman, sebab saling menyangga dan memiliki banyak jalan.
“Ya berat kita, ya, dari sisi pengamanannya. Keberhasilah program, kalau aglomerasi tidak boleh taruhlah bagaimana kita membatasi orang dari Bantul ke Kota (Yogya). Dalane ono piro, ya to? (jalannya ada berapa?),” ujar Aji.
“Betul, terus terang itu dilaksanakan di Yogya sulit”. kata Sekda DIY
Namun, jika memang itu adalah aturan dari pusat maka Pemda DIY akan melaksanakannya seoptimal mungkin.
“Kalau nanti sifatnya imbauan saya kira Pak Gubernur punya kebijakan sendiri. Tapi kalau memang larangan bentuknya instruksi atau larangan kita akan lakukan,” kata Aji. (MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru