HOLOPIS.COM, JAKARTA – MediaTek akan mempercayakan Intel Corp, untuk memproduksi chip rancangan mereka. Perusahaan perancang dan penyedia chip asal Taiwan itu, sudah cukup terkenal sebagai pemasok chip bagi perusahaan teknologi besar.

“Ini adalah kesepakatan yang besar untuk kami menarik pelanggan dari Taiwan dan mereka bertaruh pada kami untuk bertumbuh dan mencoba ini. Dan kesepakatan ini menghasilkan hasil yang memuaskan untuk mereka,” kata President of Intel Foundry Services, Randhir Thakur dilansir dari Reuters, Selasa (25/7).

Intel sebelumnya hanya membuat chip, untuk keperluan perusahaannya sendiri. Namun, sejak awal tahun Intel umumkan untuk memulai bisnis pembuatan chip. Tapi, untuk saat ini pembuat chip terbesar masih disandang Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) kemudian Samsung.

Sayangnya, dalam kesepakan antara Intel dan MediaTek tidak ada penjelasan rinci terkait jumlah chip yang akan diproduksi. Chip yang akan diproduksi tidak spesifik untuk handphone tapi untuk digunakan pada perangkat elektronik pintar.

Untuk awal produksi, rencananya akan dimulai 18 hingga 24 bulan ke depan dan akan berada dalam teknologi yang lebih matang.

“MediaTek selalu mengadopsi strategi multi-sumber. Selain mempertahankan kemitraan yang erat dengan TSMC di node proses lanjutan, kolaborasi ini akan meningkatkan pasokan MediaTek untuk node proses yang matang,” kata MediaTek dalam sebuah pernyataan terkait kerjasama barunya dengan Intel.