HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong Pemerintah sosialisasi dan edukasi mengenai penyakit Cacar Monyet, pasca Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetapkan darurat global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

“Masifkan sosialisasi mengenai penyakit ini, termasuk perbanyak edukasi kepada masyarakat tentang Cacar Monyet untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap monkeypox,” ucap Puan Senin (25/7).

WHO menyebut sudah ada sekitar 16.000 kasus yang dikonfirmasi di 75 negara, meskipun sebagian besar kasus berasal dari Eropa dengan 5 kematian terjadi di Afrika. Puan mendorong Pemerintah untuk mengantisipasi masuknya penyakit yang disebabkan oleh Monkeypox virus (MPXV) tersebut.

Cacar Monyet
Asia Tenggara waspada cacar monyet

Sehingga Puan meminta Pemerintah melakukan deteksi dini Cacar Monyet sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, meski Pemerintah menyiapkan 2 laboratorium sebagai upaya deteksi dini monkeypox.

“Pastikan fasilitas kesehatan sudah siap menghadapi penyakit ini. Tenaga medis pun juga perlu diingatkan untuk peka terhadap potensi pasien Cacar Monyet yang menyerang warga,” lanjut Puan.