HOLOPIS.COM, JAKARTA – Chairman FSP BUMN Bersatu, Arief Poyuono melontarkan sindiran terhadap Anies Rasyid Baswedan pasca robohnya pagar pembatas penonton di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (24/7) kemarin.

Arief menyebut Gubernur DKI Jakarta itu adalah sosok yang sama dengan Soekarno. Hal itu dapat dilihat dari kesamaan keduanya yang sama-sama membangun stadion bertaraf Internasional.

“Mas Anies Baswedan itu little Soekarno, sama-sama bangun stadion bertaraf International (Gelora Senayan & JIS),” kata Arief dalam cuitannya, Senin (25/7).

Namun, ia pun menyinggung perihal robohnya pagar pembatas JIS. Poyuono menduga, kejadian itu lantaran Anies tidak melakukan ritual sedekah bumi, seperti yang dilakukan Soekarno saat peresmian stadion Gelora Senayan dulu.

“JIS pagar pembatas tribunnya ambruk, mas Anies mungkin tidak ritual dulu sih motong kepala sapi di 8 sudut JIS tidak seperti Soekarno selalu lakukan ritual ke Bumi kali,” ucapnya.

Arief melanjutkan, Anies seharusnya paham mengenai ritual-ritual yang kental akan budaya Jawa tersebut. Sebab, kata Arief, Anies dibesarkan di dalam budaya Jawa.

“Sepengetahuan saya mas Anies Baswedan paham banget tentang ritual-ritual tersebut, karena dia dibesarkan dalam budaya Jawa,” tuturnya.

Bahkan, Arief menyebut Anies adalah sosok yang sangat njawani atau orang yang benar-benar paham dengan budaya Jawa.

“Dia sangat njawani loh dibandingkan yang lainnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, bahwa pagar tribun bagian utara penonton di JIS roboh saat menjelang puncak grand launching JIS pada hari Minggu 24 Juli 2022.

Walaupun tak ada korban jiwa, namun tampak ada satu orang penonton yang terpaksa dievakuasi karena terkena dampaknya.