HOLOPIS.COM, JAKARTA – Untuk memudahkan pengguna memahami video yang beda bahasa, TikTok hadirkan fitur baru auto caption yang berfungsi sebagai penerjemah.

Fitur ini sama dengan fitur subtitle yang ada di YouTube. Bedanya, auto caption milik TikTok bisa digunakan untuk video vertikal.

Dilansir dari blog TikTok, Minggu (24/7), bahasa yang ada dalam fitur tersebut antara lain ; bahasa Inggris, Portugis, Jerman, Indonesia, Italia, Korea, Mandarin, Spanyol.

Sementara itu, untuk perbincangan yang bersifat audio bisa menerjemahkan tulisan dari sebuah tayangan video. Terjemahan itu berupa sticker text jadi sesuai dengan bahasa yang digunakan pengguna.

“Solusi terjemahan yang mudah ini membantu mengatasi hambatan bahasa dan mendekatkan orang melalui hiburan bersama. Melalui upaya ini, konten global akan menjadi lebih mudah diakses terlepas dari bahasa yang pengguna gunakan dan di mana mereka berada. Kami sedang dalam tahap awal meluncurkan alat ini, yang saat ini baru tersedia di video tertentu,” ujar TikTok.

Namun, fitur auto caption ini baru tahap awal dan ke depannya diharapkan bisa hadir di banyak negara.

Diketahui saat ini, TikTok terus berkembang pesat tidak hanya dari fitur-fiturnya tapi juga jumlah penggunanya. Bahkan secara global hingga akhir tahun 2022 mencapai 1,8. miliar pengguna.

Untuk menggaet lebih banyak penonton, TikTok bahkan menambah opsi durasi video menjadi 10 menit pada Februari. TikTok pun dalam beberapa tahun terakhir telah berhasil menciptakan banyak tren dan juga hal-hal terkenal dalam waktu instan.