Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hasil Riset Nielsen Ada Kenaikan Jumlah Penonton TV Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hasil riset yang dilakukan perusahaan riset Nielsen menunjukan ada kenaikan jumlah penonton penonton Televisi (TV) analog maupun digital di pengukuran fase pertama sekitar 70 persen.

Jumlahnya naik, dari 58,9 juta penonton menjadi 96 juta penonton. Peningkatan jumlah penonton di semua periode terjadi pada pagi dan malam hari.

“Nielsen melakukan pengukuran dengan terjadi peningkatan 71 persen sekitar 52 juta orang secara populasi dan 78 persen sekitar 89 juta orang dalam panel rumah tangga,” kata Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, Kamis (21/7).

Perhitungan yang dilakukan Nielsen, menargetkan penonton yang berusia 5 tahun hingga 50 tahun keatas. Kategorinya, yakni anak-anak, remaja, pekerja, dan orang tua atau ibu rumah tangga.

Hellen mengatakan, ekspansi pengukuran yang dilakukan Nielsen bisa bantu untuk mendorong pertumbuhan industri media di Indonesia.

Ekspansi pengukuran tersebut juga penting bagi Nielsen untuk dapatkan informasi yang akurat dari penonton TV.

Kemudian, bisa menyesuaikan peta kekuatan saluran TV dengan area penjualan dari pengiklan serta ingin mengoptimalkan strategi cross media. Salah satu contoh program TV yang paling diminati adalah sepak bola.

“Nielsen melakukan ekspansi terhadap pengukuran dan itu penting dilakukan untuk mendorong pertumbuhan industri media di Indonesia,” ujarnya.

Pengukuran dilakukan Nielsen pada 11 kota besar yang tersebar di pulau Jawa, yakni Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Bandung, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Sleman.

Nielsen mengukur kepermisaan TV analog maupun TV digital. Panel Nielsen dipasangi alat ‘peoplemeter’ di semua TV yang ada di rumah, dengan ‘remote control’ untuk mengetahui kalangan yang menonton.

Nielsen memberikan bukti jumlah penonton yang dibutuhkan stasiun TV dan pengiklan. Pada stasiun TV, dapat membuktikan jumlah jangkauan yang lebih luas kepada para pengiklan dan memiliki strategi konten yang lebih maksimal untuk menjangkau berbagai penonton di Indonesia.

Sedangkan untuk pengiklan, memiliki media strategi yang lebih baik untuk menjangkau konsumennya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru