HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam rapat evaluasi timnas yang telah dilaksanakan Rabu (20/7) kemarin, Shin Tae-Yong (STY) menyatakan bahwa timnas Indonesia membutuhkan pemain naturalisasi jelang bergulirnya Piala Dunia U20 di tahun mendatang.

“Khusus untuk tim U-19 membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi. Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apapun,” ungkapnya dilansir laman resmi PSSI Kamis (21/7).

Rapat evaluasi yang dihadiri oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan beserta jajaran staffnya itu, STY juga menyinggung soal pemain Indonesia yang kurang percaya diri jika menghadapi tim dari negara-negara adidaya.

“Saya harus akui percaya diri tim ini kurang pada awalnya termasuk mental khususnya menghadapi tim-tim besar,” pungkas juru taktik asal Korea Selatan tersebut.

Indonesia menang telak atas Myanmar
Timnas Indonesia dalam gelaran Piala AFF U19 2022 (Foto: Instagram @pssi)

Dalam kesempatan itu Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau yang kerap disapa Iwan Bule, menyarankan untuk melakukan Training Camp (TC) timnas jelang Piala Dunia U20 dilaksanakan di Belanda. Pasalnya, banyak pemain sepak bola berdarah Indonesia di sana yang dapat mengatasi masalah naturalisasi yang diinginkan oleh coach Shin

“Di Belanda banyak pemain yang memiliki darah Indonesia. Akan lebih mudah kita melakukan pemusatan latihan (TC) di Belanda ketimbang di negara lainnya. Sebab kita bisa melihat langsung pemain yang kita inginkan,” ujar Iwan Bule.

Sebagai informasi, Piala Dunia U20 bakal dilaksanakan di Indonesia terhitung dari tanggal 20 Mei sampai dengan 11 Juni 2023 mendatang.