HOLOPIS.COM, JAKARTA – Atlet para-tenis meja kelas 10 yakni Dian David Jacobs, optimis untuk dapat mencapai target medali emas ASEAN Para Games 2022 di Solo, Sabtu (30/7) sampai Sabtu (6/8) mendatang.

“Harapannya pasti siap untuk merebut medali emas, tapi ya kembali lagi, kita sebagai atlet, selama ini sih memang mendapatkan medali emas di ASEAN, tetapi tidak boleh lengah dan sombong, tapi kita harus terus waspada dan fokus untuk bisa meraih yang ditargetkan kepada kita,” ujar David dalam sesi diskusi virtual Forum Merdeka barat FMB-9 IKP Kominfo RI, Rabu (20/7).

David mengatakan, untuk persiapan dari cabor tenis meja sendiri sudah pelatnas cukup lama dan sudah ada beberapa tryout, baik di luar maupun dalam negeri.

“Saat ini kita sudah siap untuk bertanding dan teman-teman juga sudah siap. Saat ini kita lebih banyak latihannya, strategi-strategi tanding dan juga menganalisa lawan-lawan kita di ASEAN Para Games 2022,” katanya.

Soal penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Solo sendiri, David menyampaikan bahwa perhelatan tersebut merupakan ajang bagi para atlet disabilitas agar dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

“Penting sekali yah, eksistensi-eksistensi buat kita atlet-atlet disabilitas bisa terus berkompetisi, bisa terus berprestasi karena untuk ASEAN Para Games sendiri terakhir 2017, 2019 di Filipina gagal dan kemarin di Vietnam, akhirnya di Indonesia dan kita semua sangat senang bisa ada ASEAN Para Games lagi, apa lagi di Solo sebagai tuan rumah,” ungkapnya.

“Ini ajang untuk kita para atlet agar bisa menunjukkan bahwa atlet-atlet disabilitas bisa berprestasi, dan kita ingin menunjukkan juga kita bisa menjadi contoh, bisa menjadi inspirasi dengan ketebatasan fisik kita yang ada, tetapi kita mau buat yang terbaik untuk Indonesia,” sambungnya.

David juga berharap bagi para atlet, bahwa perhelatan ASEAN Para Games 2022 yang digelar di Indonesia ini menjadi suatu motivasi tersendiri untuk dapat meraih prestasi, jangan sampai terbebani karena kita sebagai tuan rumah.

“Suport dari pemerintah sudah luar biasa, tinggal bagaimana kita sebagai atlet fokus saja untuk berprestasi, karena secara penghargaan, secara persiapan semuanya sudah dicukupi dan juga pernghargaan sama dengan yang nondifabel, jadi kita sebagai atlet fokusnya mengejar prestasi,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, cabang olahraga (cabor) para-tenis meja itu sendiri ditargetkan dapat meraih 12 medali emas ASEAN Para Games 2022, di mana hal ini juga telah diungkapkan oleh Senny Marbun, selaku Ketua Komite Nasional Paralimpiade (NPC) Indonesia.

“Target medali emas Indonesia di ASEAN Para Games 2022 nanti di antaranya, kurang lebih 35 medali emas dari cabor athletic, 27 medali emas cabor swiming, 12 medali emas cabor tenis meja, dan cabor lainnya total 104 medali emas,” ucap Marbun.