HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang juga Ketua Penyelenggara ASEAN Para Games 2022 menyampaikan, persiapan turnamen ini jadi bukti kepedulian pemerintah Indonesia untuk kaum difabel.

“Saya ingin menyampaikan bahwa (red-ASEAN Para Games) ini adalah bukti pemerintah memberikan kesempatan yang sama kepada teman-teman difabel maupun nondifabel,” ujar Menpora Amali dalam sesi diskusi virtual Forum Merdeka barat FMB-9 IKP Kominfo RI, Rabu (20/7).

Menpora Amali juga menjelaskan, seluruh persiapan ASEAN Para Games 2022 sendiri sudah sangat baik.

“Sebenarnya kita sudah berpengalaman jadi tuan rumah multi event, bahkan sampai tingkat Asia, yakni Asian Games dan Asian Para Games 2018, dan sukses. Semua pihak menyatakan kepuasan termasuk mereka yang datang ke Indonesia menjadi peserta pada saat itu. SEA Games juga kita sudah berkali-kali menjadi tuan rumah, tentu bersama ASEAN Para Games,” jelasnya.

“Untuk kota Solo, ini adalah yang kedua. Venue-nya sudah ok semua, sudah tidak ada masalah,” sambungnya.

Menpora Amali mengungkapkan bahwa, beberapa laporan masuk ketika dalam agenda rapat koordinasi dengan pihak terkait, dan semuanya melaporkan ASEAN Para Games 2022 ini sudah siap semua, termasuk soal Open dan Closing Ceremony-nya.

“Walaupun dalam waktu yang singkat kita ditunjuk untuk jadi tuan rumah, tetapi karena persiapan infrastruktur yang ada, persiapan SDM kita, jadi kita sebenarnya tidak terlalu kaget lagi,” lanjutnya.

“Hal ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah pusat, khususnya bapak Presiden. Jadi ketika pak Senny Marbun menyampaikan bahwa kita kemungkinan mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah, langsung ketika itu pak Presiden memberikan arahan untuk mempersiapkan,” katanya.

Menurut Amali, dukungan seperti itu yang membuat pekerjaan Indonesia selaku tuan rumah ASEAN Para Games lancar, karena perintah langsung datang dari Presiden.

“Sehingga ke bawahnya dukungan dari kementerian lembaga di tingkat pusat, pemerintah daerah, pemkot dan masyarakt itu juga memberikan suport, demikian juga dengan persiapan atlet kita,” ungkap Amali.

“Kolaborasi dan kerja sama yang sudah terbangun ini meringankan kami dari Kemenpora, dari pemerintah pusat untuk memandu dan sekaligus melihat apa-apa yang masih kurang, apa-apa yang masih harus kita beri dukungan,” tukasnya.

Sebagai informasi tambahan, perhelatan ASEAN Para Games 2022 akan digelar mulai Sabtu (30/7) sampai Sabtu (6/8) mendatang di Solo dan sekitarnya.