Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Penyelenggara Siapkan Souvenir Wayang Kulit hingga Libatkan UMKM di APG 2022

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gibran Rakabuming Raka selaku Walikota Solo sekaligus Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC), turut menyiapkan souvenir bagi para peserta atlet ASEAN Para Games 2022, berupa wayang kulit bernama Rajamala atau Rojomolo, di mana souvenir tersebut merupakan maskot dari turnamen itu sendiri.

Menurut Gibran, adanya hal tersebut juga sebagai langkah melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar Solo sebagai tuan rumah bisa merasakan dampak ekonomi dari terselenggaranya ASEAN Para Games 2022.

Gibran turut menjelaskan, terkait merchandise, souvenir, barang-barang atau oleh-oleh yang mungkin bisa dibeli atau dibawa pulang oleh para tamu, semuanya melibatkan UMKM.

“Yang paling saya senang dengan (red-ASEAN Para Games 2022) tahun ini adalah lisensi untuk maskot dan logo ini gratis sehingga para UMKM bisa berpartisipasi dan menggunakan logonya secara gratis. Ini saya kira sangat baik sekali untuk mengangkat perekonomian, terutama para UMKM,” ujarnya dalam sesi diskusi virtual Forum Merdeka barat FMB-9 IKP Kominfo RI, Rabu (20/7).

Lanjut keterangannya, Gibran menyampaikan bahwa akan ada salah satu souvenir yang disiapkan berupa maskot bernama Rajamala atau Rojomolo dalam bentuk wayang kulit, yang bisa dibawa pulang ke negaranya masing-masing peserta.

“Yang jelas itu tadi, semua UMKM dilibatkan, semua produk lokal dilibatkan, seniman-seniman lokal dilibatkan, jadi ini saya kira impact-nya untuk pemulihan ekonomi luar biasa sekali,” tambah Gibran.

Ketika ditanya soal antusiasme warga sekitar, Gibran juga turut mengungkapkan bahwa antusiasme warga luar biasa sekali, bahkan sampai sekarang.

“Ini kan semua pertandingan gratis, semoga nanti bisa rame dan semuanya berbondong-bondong untuk mendukung atlet kita biar bisa juara umum,” tukasnya.

Sebagai informasi tambahan, perhelatan ASEAN Para Games 2022 akan digelar mulai Sabtu (30/7) sampai Sabtu (6/8) mendatang di Solo dan sekitarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Persib vs Persija : Carlos Pena Ngarep Hasil Terbaik

Duel super big match Persib vs Persija akan tersaji di hari terakhir pekan ke-6 Liga 1 musim 2024/2025. Pelatih Carlos Pena pun berharap bahwa timnya bisa meraih hasil yang terbaik pada laga tersebut.

China Open 2024 : Dejan/Gloria Kandas di Semifinal

Pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja harus angkat koper dari China Open 2024, usai gagal meraih kemenangan di babak semifinal.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini : Chelsea hingga Liverpool Main, Palace vs MU

Jadwal Liga Inggris malam ini akan menyajikan sejumlah laga seru, dimana tim-tim top seperti Chelsea, Liverpool hingga Manchester United (MU) akan tampil.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru