HOLOPIS. COM, JAKARTA – Hyundai Motor Group telah menandatangani pakta awal dengan Rolls-Royce mengenai pengembangan mobilitas udara canggih (AAM) di pameran udara internasional Inggris, Rabu (20/7).

Hyundai menjelaskan, hal tersebut bertujuan untuk menyeret propulsi semua-listrik dan teknologi sel bahan bakar hidrogen ke pasar AAM.

Ia mengharapkan dari kombinasi teknologi sel bahan bakar hidrogen dan keahlian penerbangan dan sertifikasi Rolls-Royce ini dapat mempercepat pengembangan sistem propulsi sel bahan bakar hidrogen.

“Hyundai telah berhasil mengirimkan sistem sel bahan bakar hidrogen ke pasar otomotif global dan sekarang sedang menjajaki kelayakan teknologi propulsi listrik dan hidrogen untuk integrasi kedirgantaraan,” kata Presiden Bisnis AAM Hyundai, Shin Jai-won.

“Kami percaya ini akan menjadi teknologi kunci untuk mendukung tujuan industri penerbangan global untuk menerbangkan nol karbon pada tahun 2050,” tambahnya.

Hyu ndai Motor Co. telah memamerkan teknologi mobilitas udara perkotaan (UAM) di Farnborough Airshow melalui unit UAM AS, Supernal.

Perlu diketahui, dari penggunaan sistem propulsi sel bahan bakar hidrogen di pesawat mengandung berbagai manfaat, yakni sumber daya on-board tanpa emisi, senyap dan andal.

Group juga turut menandatangani MOU dengan perusahaan Prancis, Safran Electronics and Defense untuk kerjasama dalam mengembangkan sistem propulsi yang akan diaplikasikan di AAM grup.

Sebagai informasi, Ketua Hyundai Motor Group, Euisun Chung melakukan pertemuan dengan para eksekutif dari perusahaan penerbangan, seperti Boeing, dan membahas mengenai cara-cara yang digunakan untuk mempromosikan bisnis AAM.