Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Sebut Ancaman Resesi Ekonomi Kian Nyata

Sri Mulyani Sebut Ancaman Resesi Ekonomi Kian Nyata

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan resesi ekonomi makin nyata dan mengancam banyak negara.

Ancaman itu masih disebabkan oleh pandemi yang belum usai.

Ancaman makin menjadi akibat perang Rusia dan Ukraina yang hingga saat ini belum usai. Ia mengatakan karena perang itu, negara yang tadinya sudah rapuh akibat covid, makin terpuruk.

“Ini (perang) tambahan yang sangat-sangat mengganggu. Mengganggu banyak perekonomian, terutama mereka yang sudah berada dalam situasi yang sangat rapuh, sehingga berpotensi mengalami resesi,” ujarnya, Selasa (19/7).

Ia mengatakan potensi resesi ini sudah terlihat ketika banyak negara mengalami kenaikan suku bunga, pengetatan likuiditas, serta kenaikan harga energi dan pangan.

“Kenaikan harga energi dan pangan menciptakan krisis tersendiri. Ini sangat nyata bagi banyak negara,” kata dia.

Akibat kenaikan harga-harga di dunia, berbagai negara baik maju maupun berkembang dihadapkan dengan lonjakan inflasi yang begitu tinggi. Contohnya Amerika Serikat (AS) yang inflasinya tembus 9,1 persen di Juni 2022 yang merupakan level tertinggi dalam 41 tahun terakhir.

Meski demikian, Sri Mulyani menyebut perekonomian Indonesia masih cukup sehat dan aman dari ancaman resesi. Meski pernah mengalami resesi pada 2020 akibat covid, namun saat ini sudah kembali pulih dengan pertumbuhan yang positif.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.