HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kerjasama mobil listrik model van mini komersial, akan dilakukan empat perusahaan besar di Jepang yakni Suzuki, Daihatsu, Toyota dan Commercial Japan Partnership Technologies Corporation (CJPT).

Toyota Global dalam keterangannya, Selasa (19/7), mengatakan mobil listrik model van mini komersial itu dianggap cocok untuk wilayah perkotaan dan mampu menjelajah ke lokasi yang sempit.

Selain itu, kendaraan listrik komersial itu akan mendorong industri logistik. Harapannya dengan kerjasama ini, kendaraan tersebut bisa segera berkontribusi signifikan dalam pencapaian netralitas karbon di masa depan. Rencananya, kerja sama van mini komersial yang mulai dijalankan pada 2023.

Namun, terdapat kendala yang akan dihadapi dari penggunaan van mini komersial itu. Yakni, meningkatnya harga mobil terelektrifikasi, biaya terkait infrastruktur pengisian daya, dan waktu pengisian listrik.

Nantinya kerjasama tersebut akan memiliki skema, dimana Suzuki, Daihatsu, dan Toyota akan mengembangkan sistem battery electric vehicle. Lalu, platform kendaraan mini akan diserahkan ke Suzuki dan Daihatsu.

Kemudian, Toyota memberikan teknologi listrik. Adapun CJPT akan membuat perencanaan bisnis. Van mini itu nantinya akan digunakan dalam berbagai proyek di Prefektur Fukushima dan Tokyo.