HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Demokratik Timor-Leste, Jose Ramos-Horta mengucapkan terima kasih pada pemerintah Indonesia karena telah memberikan dukungan dalam pengembangan pembangunan di Timor-Leste.

Hal tersebut disampaikan Ramos-Horta saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat yang disambut hangat oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami sangat bersyukur atas dukungan Indonesia dalam pembangunan di Timor-Leste, termasuk bidang edukasi dan sumber daya manusia,” kata Ramos-Horta, Selasa (19/7).

Ramos juga mengatakan, dirinya bersyukur karena Presiden Joko Widodo memberikan dukungan mengenai penguatan sumber air di Timor-Leste melalui wilayah perbatasan.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga turut menyampaikan komitmennya bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan-perusahaan di Indonesia akan ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Timor-Leste, salah satunya dalam bidang infrastruktur.

Selain itu, Presiden Joko Widodo sepakat bahwa Indonesia dan Timor-Leste akan terus aktif meningkatkan nilai perdagangan yang diikuti hubungan kedua negara yang baik.

“Kita sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan dua negara. Dengan melihat tren perkembangan hubungan perdagangan yang terus positif, saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan,” kata Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik.

Kemudian untuk delegasi Timor Leste yaitu Menteri Luar Negeri Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno, Menteri Transportasi dan Komunikasi José Agustinho da Silva, Menteri Pertanian dan Perikanan Pedro dos Reis, dan Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Filomeno Aleixo da Cruz.