HOLOPIS.COM, BLORA – Pesawat tempur T-50i Golden Eagle dari Skuadron Udara 15 TNI AU, jatuh di wilyah Blora, Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora pada Senin (18/7).

Peswat tempur tersebut lepas landas dari Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahjudi Magetan pada pukul 18.24 WIB untuk latihan terbang malam.

Pada pukul 19.25 WIB, pilot masih melakukan kontak radio dengan flight director, namun setelah itu posisi pesawat tidak dapat dikontak.

Pesawat tempur ringan multi fungsi yang berpangkalan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, yang diawaki satu penerbang ini, dilaporkan mendapat kecelakaan dalam misi terbang latih night tactical intercept.

Informasi di lapangan dari petugas kewilayahan dan masyarakat Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, Jawa Tengah, terkonfirmasi ada serpihan logam yang diduga menjadi lokasi pesawat tempur T-50i Golden Eagle TNI AU itu jatuh.

“Untuk mengamankan dan evakuasi, malam ini satu tim dari Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi, langsung bergerak menuju lokasi,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang (18/7).