HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tuntas sudah perjuangan dan misi timnas basket Indonesia di kejuaraan FIBA Asia Cup 2022. Skuad Garuda harus gugur dari turnamen paling bergengsi di level Asia tersebut, setelah kalah atas China dengan skor telak 108-58.

Bermain di putaran babak playoff dalam perebutan delapan besar FIBA Asia Cup 2022, timnas basket Indonesia selaku tuan rumah, tak mampu berbuat banyak sejak pertandingan baru dimulai.

Timnas basket Indonesia langsung mendapatkan tekanan intensif dari China, di mana tembakan tiga poin tim lawan jadi skor pembuka bagi Negeri Tirai Bambu tersebut di pertandingan FIBA Asia Cup 2022, Senin (18
/7) kemarin.

Perolehan skor China kian melaju kencang meskipun timnas basket Indonesia sempat memberikan perlawanan pasti, kedudukan skor pun berakhir 29-11 di kuarter pertama bagi kemenangan China.

Pada kuarter kedua, inisiatif serangan kembali digaungkan para pemain China di awal laga, perolehan poin timnas basket Indonesia pun semakin menjauh hingga 11-38 atas China. Negeri Tirai Bambu pun berhasil menutup keunggulan 30-10 di kuarter kedua.

Alhasil, babak pertama timnas basket Indonesia menghadapi China di putaran playoff FIBA Asia Cup 2022 berakhir dengan skor 59-21.

Memasuki kuarter tiga, timnas basket Indonesia mencoba bangkit dari keterpurukan. Skuad asuhan Coach Milos tersebut mampu memperoleh beberapa plus poin atas China, sehingga mampu menutupnya dengan keunggulan 23-18.

Meskipun bergitu, angka yang didapat China terlampau jauh untuk dikejar oleh timnas basket Indonesia. Walaupun Brandon Jawato dkk unggul di kuarter tiga, namun skor keseluruhan masih dipegang China dengan skor 77-44.

Pada kuarter akhir, permainan relatif tak mengalami perubahan. Agrestivitas para pemain China semakin tak dapat dibendung oleh timnas basket Indonesia.

Dominasi perolehan poin terus dikuasai China hingga mampu menutup kuarter ketiga dengan 31-14. Dengan demikian, timnas basket Indonesia harus menyerah dengan skor 108-58.

Atas hasil tersebut, timnas basket Indonesia gagal menuntaskan misinya untuk melaju ke babak delapan besar FIBA Asia Cup 2022. Skuad Coach Milos itu pun harus mengubur mimpinya dalam-dalam untuk dapat berlaga di FIBA World Cup 2023 Indonesia nanti. Sementara, China lolos ke perempat final dan akan menghadapi Lebanon.