Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Gus Yaqut Sarankan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Kurangi Kegiatan Ziarah dan Belanja

HOLOPIS.COM, MAKKAH – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta para jemaah haji bisa benar-benar menjaga kesehatannya saat menjalankan rangkaian ibadah tahun ini.

Gus Yaqut bahkan berpesan agar Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) bisa mengurangi program-program ziarah jalan-jalan dan belanja bagi jemaah.

“Malam tadi kita koordinasikan dengan KBIH agar jemaah tidak terlalu diforsir yang sunah maupun yang mubah. Yang mubah itu belanja-belanja, jalan-jalan. Mending dikurangi agar jemaah istirahat dulu,” kata Yaqut (17/7).

Yaqut menyatakan, menjelang kepulangan para jemaah haji, kondisi fisik tetap harus dijaga.

“Saya ingin sebenarnya di waktu krusial menjelang kepulangan, baik petugas maupun jemaah menjaga staminanya,” tukasnya.

Dirinya pun menyayangkan ketika meninjau di Masjidil Haram tengah malam, dirinya masih melihat banyak jemaah haji Indonesia.

“Saya memang pengan melihat, ternyata sampai setengah dua (01.30 WAS), masih banyak jemaah yang ke masjid baik tawaf, atau sekadar iktikaf atau melanjutkan umrah,” kata Gus Men.

Padahal jelang kepulangan ke tanah air, seluruh jemaah tetap harus menjaga kesehatannya. Jangan sampai ngedrop menjelang kepulangan.

“Kita tidak ingin jemaah ini kehilangan energinya, karena kemarin saya melihat statistik itu ada jemaah empat yang wafat setelah armuzna ada kenaikan jemaah yang wafat,” ujarnya.

Jemaah yang wafat mayoritas karena kardiovaskular yang dipicu oleh kelelahan yang berlebihan.

“Saya berharap jemaah menjaga stamina. Petugas (haji) juga harus menjaga stamina. Yang penting juga petugas menjaga semangat. Semangatnya melayani sampai akhir sampai jemaah sampai rumah,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru