Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizIMF Apresiasi Pertemuan FMCBG G20 di Bali

IMF Apresiasi Pertemuan FMCBG G20 di Bali

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Organisasi Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) mengapresiasi kinerja pemerintah Indonesia dalam penyelenggaraan Finance Ministers & Central Bank Governors’ Meeting (FMCBG) G20 yang telah berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Apresiasi itu disampaikan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva saat bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (17/7) kemarin.

“Bu Kristalina sangat menghargai bahwa Indonesia telah sukses menjadi tuan rumah untuk G20 finance track menteri-menteri keuangan dan gubernur bank sentral yang ketiga di Bali pada situasi dunia yang sedang tidak mudah, makin menantang,” ujar Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani yang kala itu mendampingi Jokowi.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun menjelaskan tantangan yang dimaksud Kristalina, yakni pertemuan yang berlangsung di tengah kondisi perang antara Rusia dan Ukraina, di mana banyak negara yang terkena dampak dari perang tersebut.

Diketahui, dampak dari adanya perang antara Rusia dan Ukraina menimbulkan kenaikan harga komoditas pangan dan energi di pasar Internasional, yang memicu kenaikan inflasi di berbagai negara.

“Kenaikan harga komoditas seperti pangan dan energi dan ini menyebabkan inflasi di banyak negara meningkat secara tinggi,” lanjutnya.

“Ini menjadi ancaman yang sangat nyata bagi banyak-banyak negara yang sekarang menghadapi krisis pangan dan krisis energi,” imbuh salah satu Menteri terbaik Kabinet Indonesia Maju tersebut.

Adapun pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara anggota G20 kemarin membahas cara menyinkronkan kebijakan fiskal dan moneter.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.