Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizPungutan Sawit Disetop, Kas Negara Aman?

Pungutan Sawit Disetop, Kas Negara Aman?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengeluarkan kebijakan anyar dengan menghentikan sementara pungutan ekspor minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) beserta produk turunannya.

Lantas, bagaimana dengan penerimaan negara?

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu menegaskan, bahwa kebijakan itu tidak akan berpengaruh terhadap penerimaan.

Ia memastikan kondisi kas negara tetap aman meskipun kebijakan ini akan berlangsung hingga satu bulan ke depan.

“Penerimaan negara sih aman. Anda lihat aja penerimaan kita masih tinggi 40% yoy, jadi kita masih aman,” tuturnya kepada awak media di Nusa Dua, Minggu (17/7).

Menurutnya, pungutan sawit yang masuk kategori pajak merupakan salah satu aspek dari penerimaan negara, masih ada Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP.

“Kadangkala dalam konteks ketersediaan supply lebih penting agar menjaga, agar ekspor lebih cepat juga penting,” ungkapnya.

“Jadi dalam konteks penerimaan negara, gak terlalu berdampak besar,” ujarnya.

Adapun maksud dari penghentian sementara pungutan pajak ekspor sawit ini, yakni untuk mempercepat ekspor CPO beserta produk turunan lainnya.

“Kita mau mempercepat ekspor saja. waktu kemarin terjadi harga yang tinggi, kita mengendalikannya supply dalam negerinya jadi lengkap, supaya bisa menurunkan harga di konsumen. Tapi setelah itu perlu penyesuaian agar ekspornya jalan lagi,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati resmi menghentikan sementara pungutan ekspor produk sawit hingga 31 Agustus 2022.

Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 115 Tahun 2022.

“PMK ini menurunkan pajak tarif ekspor jadi 0 hingga 30 Agustus 2022. Pajak ekspor diturunkan 0 kepada seluruh produk yang berhubungan dengan CPO. Ini yang biasanya di collect jadi sumber dana BPDPKS untuk stabilisasi harga,” jelasnya di sela-sela acara G20, Sabtu (16/7).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.