HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebanyak 5 pesaing calon perdana menteri baru Inggris akan bersaing dan tampil di debat televisi kedua pada hari Minggu (17/7). Mereka akan menjabarkan rencana dalam kebijakan pajak dan isu-isu transgender.

Dilansir dari Reuters, Minggu (17/7), Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak menjadi kandidat favorit dari 358 anggota parlemen konservatif yang akan mengadakan pemungutan suara minggu ini.

“Saya berdiri untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif dan Perdana Menteri berikutnya,” kata Sunak saat menawarkan diri jadi pengganti Boris Johnson.

Kandidat lainnya, Menteri Luar Negeri Liz Truss memiliki dukungan besar dari mereka yang setia dengan Boris Johnson.

Sementara itu sebuah situs web Rumah Konservatif (Conservative Home) mengatakan, Menteri Kesetaraan Kemi Badenoch berada di depan kandidat lainnya, setelah itu diikuti oleh Lizz Truss.

Sebagai informasi, mantan PM Inggris Boris Johnson mengundurkan diri setelah berbagai desakan dari kabinetnya. Para menteri dari pemerintahannya mengundurkan diri karena menganggap Johnson tak pantas lagi mempimpin Inggris.

Aksi itu dilakukan setelah Boris Johnson tersandung banyak skandal, salah satunya adalah saat ia mengadakan pesta ketika Inggris melewati gelombang pertama pandemi Covid-19.