Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

DKI Kaji Angkot Pakai CCTV dan Tiket Pengenal Wajah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dishub DKI Jakarta bakal mengkaji pemanfaatan teknologi seperti kamera pengawas (CCTV) dan sistem tiket berbasis pengenalan wajah (face recognition) di angkutan kota secara lebih lanjut. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi kasus pelecehan seksual di dalam angkot.

Sebelumnya Dishub batal menerapkan kebijakan memisahkan tempat duduk penumpang perempuan dan pria di angkot.

“Pemanfaatan teknologi dengan pemasangan CCTV dan sistem ticketing berbasis face recognition akan dikaji lebih lanjut,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo saat dihubungi, Rabu (13/7).

Melalui Jaklingko, sistem ticketing terintegrasi akan melakukan penerapan konsep face recognition yang diyakini akan meningkatkan rasa nyaman para penumpang, terutama perempuan dan anak-anak.

Tak hanya itu, sedang dilakukan pula pemasangan CCTV di berbagai stasiun, halte, terminal dan kendaraan umum, untuk mendeteksi sekaligus mengurangi potensi gangguan tersebut.

Syafrin menuturkan pengemudi angkutan umum yang tergabung dalam Program Jaklingko sebenarnya telah menjalani pendidikan dan pelatihan. Materinya antara lain soal layanan prima termasuk penanganan/cara bertindak dalam menghadapi keadaan darurat melalui program Sertifikasi Pengemudi Angkutan Umum.

Khusus penanganan dan pencegahan kekerasan atau pelecehan seksual, Pemprov DKI Jakarta telah membentuk POS Sahabat Perempuan dan Anak (POS SAPA) di moda transportasi.

Syafrin berbakata POS SAPA dilengkapi nomor aduan 112 dan Petugas yang sudah terlatih dalam menangani kasus-kasus terkait.

Kini fasilitas POS SAPA telah tersedia di 23 halte Transjakarta, 13 stasiun MRT dan enam stasiun LRT. Rencananya, POS SAPA akan terus ditambahkan termasuk menjangkau layanan angkot. Saat ini, kata Syafrin, Dishub DKI Jakarta akan membuat regulasi komprehensif untuk angkot dan transportasi publik di Jakarta.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru