Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dishub DKI Berencana Hadirkan Angkot Khusus Perempuan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana menghadirkan angkot/mikrotrans khusus perempuan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah aksi pelecehan seksual yang kerap terjadi di transportasi umum, termasuk angkot.

kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa rencana tersebut saat ini masih dalam tahap pengkajian.

“Kita mengkaji lebih lanjut ide terkait angkot/mikrotrans khusus perempuan,” kata Syafrin kepada wartawan, Rabu (13/7).

Kemudian terkait dengan rencana pemisahan tempat duduk antara laki-laki dan perempuan di angkot, Syafrin mengatakan, bahwa rencana tersebut telah dibatalkan. Ia mengatakan, bahwa pembatalan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan sejumlah kondisi di masyarakat.

“Dengan mempertimbangkan kondisi yang ada di dalam masyarakat, terhadap wacana pemisahan penumpang laki-laki dan perempuan di dalam angkot saat ini belum dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Syafrin menambahkan, bahwa pihaknya akan melakukan sejumlah upaya untuk menangani masalah serta mencegah pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak di transportasi umum.

Salah satu upaya tersebut yakni dengan membentuk POS Sahabat Perempuan dan Anak (POS SAPA) di moda transportasi yang didalamnya dilengkapi dengan nomor aduan 112 dan Petugas yang sudah terlatih dalam menangani kasus-kasus terkait.

“Fasilitas POS SAPA tersebut sudah terdapat di 23 halte Transjakarta, 13 stasiun MRT dan 6 stasiun LRT. Direncanakan ke depan POS SAPA akan terus ditambahkan termasuk menjangkau layanan Angkot,” ucapnya.

Selain itu, Dishub DKI juga melakukan sejumlah upaya lain seperti pemasangan CCTV, membuat sistem ticketing terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi face recognition.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru