Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizWall Street Kompak Memerah Jelang Rilis Ekonomi AS

Wall Street Kompak Memerah Jelang Rilis Ekonomi AS

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bursa Saham Amerika Serikat (AS) alias Wall Street kompak bertengger di zona merah pada perdagangan Senin (11/7) waktu setempat.

Hal itu lantaran kurangnya katalis membuat pelaku pasar dengan hati-hati memulai back-end minggu yang sarat dengan data inflasi penting dan awal tidak resmi untuk musim pendapatan kuartal kedua.

Dikutip dari Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average (DJI) melemah 164,31 poin, atau 0,52 persen menjadi 31.173,84. Kemudian indeks S&P 500 (SPX) harus pasrah dengan perlemahan sebesar 44,95 poin, atau 1,15 persen menjadi 3.854,43 dan Nasdaq Composite (IXIC) turun 262,71 poin, atau 2,26 persen, menjadi 11.372,60.

Dari 11 sektor utama di indeks S&P 500, layanan komunikasi (SPLRCL) mengalami perlemahan tersbesar, sedangkan utilitas (SPLRCU) menjadi pemimpin kenaikan di pasar saham negeri Paman Sam itu.

Sejumlah emiten yang menjadi pemimpin pasar menarik ketiga indeks saham utama AS tersebut ke zona merah, dengan sentimen risk-off yang diperburuk oleh penutupan kasino pertama Makau dalam lebih dari dua tahun untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Seorang pakar strategi investasi senior di US Bank Wealth Management, Rob Haworth mengatakan, bahwa hal tersebut dipicu oleh kondisi pasar yang tengah gugup menjelang rilis data ekonomi AS, yang di dalamnya menggambarkan kondisi inflasi di AS.

“Ini semua tentang awal musim pendapatan dan apa yang dikatakan inflasi (data) kepada kita,” katanya.

“Kami tahu inflasi didorong oleh kendala pasokan, dan China merupakan faktor penting,” tambah Haworth.

Tak hanya data ekonomi AS, hasil pendapatan dari bank-bank besar, termasuk JPMorgan Chase & Co, Citigroup Inc, dan Wells Fargo & Co juga akan merilis pelaporan kuartal kedua akhir pekan ini.

Rilis dari bank besar inilah yang membuat salah satu indeks saham utama di sektor perbankan, yakni S&P 500 (SPXBK) turun sebesar 1,0 persen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.