HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masjid Istiqlal akan menggelar shalat Idul Adha pada Minggu (10/7) besok. Namun, kapasitas jamaah untuk shalat Idul Adha maksimal hanya 100 ribu atau 45 persen.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan, bahwa pihaknya akan menutup pintu masuk apabila kuota tersebut telah terpenuhi.

“Kami tidak terlalu padat, hanya 100 ribu jamaah saja, biasanya kalau penuh, kan 250 ribu jamaah. Kemungkinan pintu akan ditutup jika sudah ada 100 ribu jamaah yang masuk,” kata Nasaruddin kepada wartawan, Sabtu (9/7).

Nasaruddin mengimbau kepada para jamaah Shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada. Nantinya, jamaah tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan untuk masuk ke wilayah Istiqlal.

“Besok itu kami perlakukan protokol untuk semua jamaah harus menggunakan masker. Kemudian juga ukuran suhu diatur lewat komputer di pintu-pintu masuk,” katanya.

Adapun shalat Idul Adha akan dimulai pada pukul 07.00 WIB. Shalat Idul Adha tersebut akan dipimpin oleh Ustaz Gozali, sedangkan yang berkhotbah adalah mantan Mendikbud M Nuh.

“Insyaallah yang akan memberikan khotbah Idul Adha itu Profesor Doktor Kiyai Haji Muhammad Nuh mantan Mendikbud, mantan Menkominfo sekarang juga menjadi pengurus PBNU. Kemudian yang jadi imam nanti Ustadz Gozali, imam andalan kami di Masjid Istiqlal,” katanya.