HOLOPIS.COM, MEDAN – 19 titik panas (hotspot) yang tersebar di sejumlah wilayah Sumatera Utara, terus dipantau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dijelaskan Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah di Medan, Sabtu (9/7) Ke 19 titik panas itu, terpantau dari sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20.

Utami merinci, terdapat 2 titik di Kabupaten Dairi, 5 titik di Kabupaten Humbang Hasundutan, 4 titik di Kabupaten Karo, 2 titik di Labuhanbatu, 3 titik di Padang Lawas dan 3 titik di Serdang Bedagai.

Sementara terkait cuaca, pada Sabtu siang cerah berawan dan berpotensi hujan ringan di Kepulauan Nias, Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan di Kepulauan Nias, Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan dan sekitarnya.

Suhu udara 17-35 derajat Celcius, kelembaban udara 60-98 persen, angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 5-30 km per jam.