Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kakorlantas : ETLE Bisa Disiplinkan Masyarakat Bayar Pajak Kendaraan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – electronic traffic law enforcement (ETLE), bisa membuat wajib pajak disiplin untuk membayar pajak kendaraannya.

ETLE yang didukung kemampuan data pengguna dan data kendaraan yang dimilikinya dapat mendeteksi wajib pajak sesuai identitas, dan alamatnya

Hal tersebut dikatakan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam sebuah diskusi dengan tema “Peningkatan Kepatuhan Registrasi, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Untuk Transportasi yang Tertib Dan Berkeselamatan”.

“ETLE bisa berhasil dengan maksimal dengan dukungan data kendaraan dan pengemudi yang akurat,” kata Firman, Jumat (8/7).

Melalui ETLE ini, Firman mengatakan pihak mengajak agar para wajib pajak tidak lalai dalam membayar pajak. Biarpun tidak ada target, namun langkah ini merupakan aspek penegakan hukum.

“Masyarakat kami ajak untuk melaksanakan kewajibannya membayar pajak,” ujarnya.

“Penegakan hukum diarahkan pada aspek pencegahan, kami bukan menargetkan berapa banyak bisa dilakukan. ETLE mencatat pertama sudah pasti atas nama siapa, di mana, alamatnya dan sebagainya,” sambung Firman.

Firman juga menjelaskan, bahwa pajak kendaraan yang dibayarkan oleh wahib pajak, nantinya akan dikembalikan dalam bentuk pelayanan dan juga pembangunan.

“Kami dari pihak kepolisian lalu lintas dalam hal ini akan terus memberikan support kepada rekan-rekan kami di Samsat untuk bisa melaksanakan tugasnya,” katanya.

Sementara itu, pembina Sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) rencananya akan kembali diaktifkan agar masyarakat bisa lebih disiplin lagi dalam membayaar pajak.

“Kami memfungsikan kembali pembina Samsat. Kami harapkan proses registrasi, verifikasi yang dilakukan pada kesempatan yang lebih baik ini dapat mengedukasi masyarakat agar masyarakat taat bayar pajak,” kata Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMW Eurokars Kebon Jeruk Jadi Diler Berkonsep Retail.Next di Jakarta Barat

BMW Group Indonesia meresmikan dealernya, dengakn konsep yang berbeda. Kali ini, BMW Eurokars Kebon Jeruk hadir dengan konsep Retail.Next dan tampilan yang mewah serta eksklusif.

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru