HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Taiwan tahan pengiriman Mie Sedaap karena ditemukan kandungan residu pestisida yang berlebihan.

“Mie Sedaap dilarang edar di Taiwan karena mengandung pestisida! 4 ton 5 varian rasa ini ditolak masuk Taiwan dan yang sudah masuk semuanya dimusnahkan,” ucap FDA.
Katria Arintya Anindyantari.

Marketing Manager Noodle Category Wings Food membantah tuduhan tersebut. Menurutnya, produk Mie Sedaap ditahan karena terdapat perbedaan regulasi.

“Produk Mie Sedaap tidak mengandung residu pestisida. Penahanan Mie Sedaap di negara Taiwan tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Penahanan produk yang terjadi dikarenakan adanya perbedaan regulasi yang diterapkan oleh regulator setempat,” ungkap Arintya, (6/7) malam.

Dikutip dari Focustaiwan, Mie Sedaap yang diimpor oleh Elom Group Company dan mengalami penahanan sebanyak 4,047.4 kilogram. FDA mengembalikan dan menghancurkan semua produk-produk yang ditahan di bawah standar yang telah ditentukan.

Sebelumnya, pada 2010 lalu Taiwan juga pernah melakukan hal yang sama. Penahan dilakukan karena produk diekspor tanpa melalui jalur resmi atau ilegal. Produk-produk tersebut tidak terdaftar pada FDA dan kualitas produknya tidak memenuhi standar makanan di Taiwan.