Rabu, 2 Oktober 2024
Rabu, 2 Oktober 2024
NewsEkobizInflasi Turun, Ekonom Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa di Bawah 5 Persen

Inflasi Turun, Ekonom Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa di Bawah 5 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi tahunan Indonesia pada September 2024 mengalami penurunan menjadi sebesar 1,84 persen.

Angka ini jauh di bawah perkiraan konsensus yang sebesar 2 persen. Bahkan, tingkat inflasi tahunan ini menjadi level terendah inflasi RI sejak bulan November 2021 lalu.

Menurut Samuel Sekuritas, faktor utama pendorong penurunan ini adalah melambatnya kenaikan harga pangan di tengah melimpahnya pasokan beras.

Lalu, kenaikan biaya kesehatan sedikit melambat dari 1,72 persen pada Agustus 2024, menjadi 1,69 persen pada September 2024. Inflasi di sektor transportasi juga turun cukup signifikan dari 1,42 persen menjadi 0,92 persen.

Inflasi sektor sandang turun sedikit dari 1,19 persen menjadi 1,18 persen. Sementara sektor komunikasi mencatatkan kenaikan deflasi, dari minus 0,16 persen menjadi minus 0,28 persen, yang dipengaruhi oleh persaingan harga yang ketat.

Secara bulanan, terjadi deflasi sebesar 1,2 persen, yang merupakan bulan kelima berturut-turut di mana Indeks Harga Konsumen mengalami kontraksi. Ini mencerminkan melemahnya permintaan konsumen.

Perlambatan konsumsi ini, ditambah dengan indeks manufaktur yang turun ke bawah 50, menjadi hambatan bagi Indonesia untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen pada 2024.

“Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi hanya akan mencapai 4,9 persen, sedikit di bawah target pemerintah,” tulis riset Samuel Sekuritas, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (1/10).

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Loading...
Loading...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Deflasi RI 5 Bulan Beruntun Cetak Rekor Terpanjang Setelah Krismon

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada September 2024 kembali mengalami deflasi, yang secara bulanan atau month to month (mtm) sebesar 0,12 persen.

Konflik Timur Tengah Memanas, Indonesia Harus Waspadai Ini

Indonesia harus mewaspadai sejumlah dampak dari tensi Geopolitik di kawasan Timur Tengah semakin memanas, setelah serangan yang diluncurkan Iran terhadap Israel baru-baru ini.

Update Harga Emas di Pegadaian, Rabu 2 Oktober 2024

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) mayoritas terpantau tidak mengalami perubahan pada perdagangan akhir pekan ini, Rabu 2 Oktober 2024.

Harga Emas Antam Naik Hari Ini, Cek Rincian Harganya Sekarang

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Rabu 2 Oktober 2024.