HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Periode 2024 – 2029, Puan Maharani berkomitmen untuk membangun citra DPR RI menjadi lembaga legislatif yang semakin dipercaya oleh rakyat sebagai pemegang tertinggi kedaulatan negara.

Hal itu disampaikannya dalam pidatonya, setelah kembali terpilih sebagai Ketua DPR RI dalam rapat paripurna perdana di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Puan mengatakan, dalam membangun citra DPR RI yang semakin dipercaya oleh rakyat merupakan kerja bersama Anggota DPR RI, dengan menjaga kehormatan dan marwah DPR RI sebagai lembaga legislatif.

“Marilah kita bangun bersama DPR RI yang semakin dekat dengan rakyat, semakin dipercaya rakyat, dan dapat mensejahterakan rakyat,” ujar Puan dalam pidatonya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (1/10).

DPR RI, kata dia, sebagai lembaga negara yang memiliki kekuasaan konstitusional menjadi harapan rakyat, tentu akan selalu menjadi sorotan seluruh rakyat, baik dalam kegiatan keanggotaan di parlemen, dan bahkan dalam kegiatan-kegiatan di luar tugas DPR RI.

“Kita harus mawas diri dalam menjalankan jabatan sebagai wakil rakyat,” tandasnya.

Sebagai anggota DPR RI, kata Puan, memiliki kewajiban-kewajiban sebagai wakil rakyat yang dituntut untuk memiliki rasa kepedulian, empati, simpati, pada permasalahan rakyat. DPR juga dituntut dapat memperjuangkan aspirasi rakyat, dengan memperhatikan kepantasan sosial.

Oleh karena itu, ia pun mengajak seluruh komponen masyarakat, media masa, pers, kaum intelektual, akademisi, mahasiswa, LSM, ormas, dan lain sebagainya untuk ikut memberikan masukan, pandangan dan kritik terhadap berbagai kebijakan negara yang akan diambil.

“Berikanlah pandangan, saran dan kritik yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” pinta Puan.

Di bawah kepemimpinannya, lanjut Puan, DPR akan menggelorakan semangat kerja bersama dalam mewujudkan DPR RI sebagai parlemen yang modern, terbuka, dan aspiratif serta berupaya menjadikan DPR RI sebagai rumah rakyat yang sesungguhnya.

“Marilah kita gunakanlah panggilan sejarah ini, agar kita, menjadi Anggota DPR RI yang dapat memberikan manfaat pengabdian kepada tanah air, bangsa, dan negara,” pungkasnya.