HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dalam rangka untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, langkah yang paling tepat adalah bagaimana merefleksikan nilai-nilai kebangsaan dalam setiap kehidupan sehari-hari.

Sekaligus menyadari bahwa nilai kebangsaan bukan sekadar warisan para pendiri bangsa, akan tetapi sebuah amanat yang harus senantiasa dijaga dengan baik oleh setiap individu bangsa Indonesia.

“Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tapi amanah yang harus terus dijaga,” kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Selasa (1/10).

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi mengajak semua bangsa Indonesia untuk kembali melihat apakah seluruh stakeholder sudah menjalankan nilai-nilai kebangsaan sesuai dengan Pancasila atau belum.

“Di tengah tantangan zaman, mari kita renungkan sejauh mana kita telah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sayangnya, postingan Presiden Jokowi di akun media sosialnya itu ternyata dibanjiri oleh haters. Mereka justru kembali mempertanyakan apakah Jokowi sudah menjalankan nilai-nilai Pancasila atau belum.

“Bapak sendiri selaku pemimpin udah merenung? Udah mengamalkan nilai-nilai pancasila Sudahkah adil dan beradab, bijaksana, adil bagi seluruh rakyat indonesia?,” tulis @Qking2.

Ada juga yang mempertanyakan, poin Pancasila yang bagian mana yang sudah diamalkan oleh Presiden Joko Widodo dalam memimpin Indonesia.

“Pancasila yg mana yg sedang bapak amal kan.?,” tulis @AchAnck19.