HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Selasa 1 Oktober 2024.

Berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani, cuaca Jateng umumnya bakal cerah berawan hingga berawan pada pagi hari ini.

Kemudian pada siang harinya, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang mulai terlihat di sejumlah wilayah Jateng.

Selain itu, BMKG juga melihat adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat pula disertai petir atau kilat, serta angin kencang di wilayah eks Karesidenan Banyumas, Pegunungan bagian Barat dan Tengah, serta wilayah sekitarnya.

“Waspada potensi bencana hidrometeorologi dan dampaknya, seperti angin kencang, petir, dll,” tulis peringatan tambahan BMKG, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (1/10).

Secara rinci, potensi hujan ringan bakal melanda wilayah Boyolali, Sragen, Purwodadi, Blora, Ungaran, Batang, Kajen, Slawi, Salatiga, dan Ambarawa.

Untuk potensi hujan dengan intensitas lebih tinggi, yakni ringan hingga sedang bakal terjadi di wilayah Cilacap, Kebumen, Purworejo, Mungkid, Magelang, Bumiayu dan Majenang.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi BMKG terjadi di wilayah Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, dan Temangung.

Adapun untuk pergerakan angin di Jateng pada hari ini umumnya bakal berhembus dari arah Barat Laut ke Timur, dengan kecepatan berkisar antara 3 hingga 25 kilometer/jam.

Sementara untuk perkiraan rata-rata suhu udara di Jateng bakal berkisar antara 18 hingga 36 derajat Celcius, dengan kelembaban di angka 40 – 95 persen.

Tak hanya itu, BMKG juga merilis informasi terkait prakiraan tinggi gelombang di perairan Jateng, dimana untuk perairan Selatan terlihat cukup tinggi berkisar 0,8 hingga 2,5 meter.

Sedangkan untuk tinggi gelombang di wilayah perairan Utara Jateng hanya berkisar antara 0,2 hingga 1,3 meter saja.