HOLOPIS.COM, LOMBOK TENGAH – Sirkuit Madalika di Lombok Tengah, NTB (Nusa Tenggara Barat), jadi salah satu favorit para pembalap MotoGP. Salah satunya pembalap Ducati Enea Bastianini.

Ia pun mengatakan, sirkuit dengan Panjang 4.313 meter itu jadi salah satu tempat favoritnya. Walaupun komentarnya terkait sirkut di Indonesia ini, berpotensi kotor dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pebalap.

“Trek indonesia salah satu trek favorit saya, sangat indah menurut saya dan ini menjadi trek pertama saya membalap setelah cedera tahun lalu. Saya cukup percaya diri bisa cepat di sini,” katanya seperti dikutip Holopis.com, Minggu (29/9).

“Agak sedikit berbeda dengan trek di Eropa dan juga aspalnya bisa jadi akan kotor besok tapi setelahnya akan lebih baik, kami akan mengetahui situasinya besok, tapi saya sudah siap,” sambungnya.

Sebagai informasi, di beberapa balapan sebelumnya hal yang sama juga diakui oleh para pembalap yang sudah mencoba lintasa sirkuit mandalika.

Seperti saat tes pramusim Februari 2022, kerikil aspal terkelupas dibeberapa sektor saat motor digeber dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam itu.

Selanjutnya, jelang balapan MotoGP Mandalika digelar pada 18-20 Maret 2022, sirkuit Mandalika dilapisi aspal ulang. Namun ternyata masih ada serpihan aspal yang terangkat hingga masuk ke baju balap Alex Rins.

Tidak hanya pembalap MotoGP, pembalap WSBK ( World Superbike) Michael Ruben Rinaldi juga mengeluhkan hal yang sama dimana lintasan yang terlalu kotor dan minim racing line.

Pembalap Aruba.it Racing Ducati itu, sempat mengalami crash di sesi latihan bebas pertama. Dia menyebut peristiwa itu terjadi karena aspal yang kotor.