Prabowo Subianto Komitmen Perkuat TNI AL

Prabowo Subianto bersama KSAL
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama KSAL Laksamana Muhammad Ali. [Gambar : ist]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana Muhammad Ali meyakini bahwa Presiden Terpilih Prabowo Subianto berkomitmen terus memperkuat militer Indonesia.

Bahkan, Muhammad Ali mengakui bahwa dirinya telah mendengar langsung dari Prabowo Subianto untuk memperkuat armada TNI AL, salah satunya penambahan kapal selam.

“Pak Prabowo sudah menyampaikan kepada saya, beliau ingin perkuat jajaran angkatan laut, khususnya armada kapal selam juga tambah,” kata Muhammad Ali dalam pernyataannya pada Sabtu (28/9) seperti dikutip Holopis.com.

Pengadaan kapal selam itu dijelaskan oleh Ali, bisa saja dilakukan dari berbagai negara yang mempunyai reputasi cukup bagus untuk alutsistanya.

“Mungkin dari berbagai negara nanti kita siapkan,” imbuhnya.

Untuk saat ini yang telah berjalan menurut Ali, pengadaan dua unit kapal selam Scorpene Evolved dari perusahaan Prancis Naval Group.

Dalam perjanjian yang telah dilakukan Kementerian Pertahanan, kapal selam itu rencananya akan dibangun di galangan kapal PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur.

“Untuk kapal selam, memang direncanakan oleh Menhan adalah pengadaan dari Prancis. Jadi, akan ada joint venture antara Naval Group dengan PT PAL untuk membangun kapal selam kelas Scorpene,” ucapnya.

Ali memastikan bahwa Scorpene Evolved merupakan kapal selam canggih dari segi persenjataan dan juga pendorongan di perairan.

“Kelas Scorpene ini yang sudah Evolved, yang terbaru, yang paling keluaran terakhir. Yang sudah cukup canggih dari segi pendorongan maupun dari persenjataan,” tegasnya.

Sejauh ini Indonesia diperkuat empat kapal selam, yaitu KRI Cakra-401, KRI Ardadedali-404, KRI Nagapasa-403, dan KRI Alugoro-405.

Exit mobile version