HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana pada hari ini, Sabtu (28/9). 

Hal sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Prokotol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana. Ia mengatakan, penyematan brevet akan dilakukan di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW-992). 

“Bapak Presiden besok akan menghadiri acara penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana dan Penganugerahan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha di KRI RJW-992,” ujar Yusuf, Jumat (27/9) seperti dikutip Holopis.com.

Tak cuma itu, Brevet Kehormatan Hiu Kencana juga akan diberikan kepada sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Selain itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga dikabarkan bakal menerima bravet kehormatan.

Dilansir dari laman resmi TNI, pemberian brevet kehormatan ini sebagai penghormatan bagi para pejabat tinggi negara. 

Kegiatan ini juga menjadi simbol dukungan pemerintah terhadap peran strategis kapal selam dalam menjaga kedaulatan wilayah laut Indonesia.

Dalam acara tersebut, juga akan diberikan Tanda Kehormatan Samkaryanugraha untuk KRI Nanggala-402, yang akan diserahkan  diserahkan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. 

Tanda kehormatan itu sebagai penghormatan atas pengabdian dan dedikasi kapal selam legendaris tersebut, sebelum tenggelam pada April 2021 silam.