HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI AL secara resmi menghibahkan pesawat udara Nomad N24 yang sudah purnatugas kepada Pemkab Tuban, Jawa Timur.

Kepala Fasharkan Pesud Puspenerbal mewakili Komandan Puspenerbal, Laksda TNI Sisyani Jaffar menjelaskan bahwa pesawat tersebut rencananya akan dijadikan monumen sejarah.

“Saat ini, menjelang akhir bulan September 2024, alutsista hibah tersebut dikirim ke Kabupaten Tuban,” kata Sisyani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (27/9).

Sisyani menjelaskan bahwa hibah alutsista yang sudah purnatugas tersebut telah dilakukan sejak awal tahun 2024.

“Proses pemasangannya memerlukan waktu hingga beberapa hari karena terkendala lokasi yang sempit untuk memasang pesawatnya,” jelasnya.

Kepala Bengkel Pemeliharaan Material (Kabengharmat) Mayor Laut (T) Trisnanto Setiyadi bersama prajurit Bengharmat Fasharkan Pesud menjelaskan bahwa pergeseran Monumen Pesawat Nomad ke Tuban itu telah dilakukan sejak Kamis (26/9).

Sesuai rencana, monumen pesawat tersebut akan diletakkan di ruang terbuka hijau (RTH) Taman Kota Tuban, Jawa Timur agar masyarakat yang berada di Tuban mengetahui dan mengenal salah satu alutsista yang pernah dimiliki dan digunakan Pusat Penerbangan TNI AL.

Selain itu, lanjutnya, keberadaan monumen bersejarah tersebut juga bisa untuk menanamkan nilai patriotisme dan nasionalisme kepada masyarakat, terlebih generasi muda di Kabupaten Tuban akan kecintaannya kepada Tanah Air.

Nantinya, monumen dibangun dengan konsep terbuka sehingga bisa menjadi tempat rekreasi warga sekaligus sarana untuk belajar sejarah.