HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketika Anda mengunjungi rumah makan atau warteg di Jawa Timur (Jatim), salah satu menu yang paling mudah ditemukan adalah nasi rames atau nasi campur.

Hidangan ini menawarkan beragam isian sesuai selera, biasanya terdiri dari nasi putih, sayuran, dan berbagai lauk-pauk. Jika Anda ingin mencoba membuat nasi rames Jawa Timur di rumah, berikut adalah resep yang bisa Anda ikuti.

Bahan-Bahan

Ayam Goreng:
1 kg ayam potong
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus Ungkep:
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 cm kunyit
1 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk
Air secukupnya

Sayur Tumis:
1 buah wortel
4 batang buncis
1 siung bawang putih
1 sdm saus tiram
1/2 sdt lada bubuk
Garam dan gula secukupnya

Kentang Balado:
2 buah kentang
1 buah wortel
4 buah cabai merah
2 buah cabai rawit
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 batang serai (geprek)
1 ruas lengkuas (geprek)
Garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya

Mie Goreng:
2 keping mie kuning
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
Kecap, garam, dan lada bubuk secukupnya

Isian Lainnya:
Nasi putih
Kerupuk
Sambal
Bawang goreng

Cara Membuat

  1. Ayam Goreng: Cuci bersih ayam, kemudian masak dengan bumbu halus dan bumbu utuh. Ungkep selama 30 menit hingga ayam matang dan empuk. Setelah itu, angkat dan goreng hingga kecokelatan. Tiriskan.
  2. Sayur Tumis: Iris tipis wortel dan buncis. Cincang bawang putih dan tumis hingga harum. Masukkan wortel dan buncis, lalu tuangkan air secukupnya. Masak hingga sayuran layu. Tambahkan semua bumbu, aduk rata, dan angkat.
  3. Mie Goreng: Rebus mie hingga matang, lalu tiriskan. Campurkan dengan kecap manis dan sedikit garam, aduk rata, dan sisihkan. Haluskan bawang putih dan bawang merah, lalu tumis hingga matang. Masukkan mie dan lada bubuk, aduk rata, kemudian angkat.
  4. Kentang Balado: Potong dadu kentang dan goreng hingga matang. Haluskan bumbu kecuali serai dan lengkuas. Tumis bumbu hingga matang, masukkan serai dan lengkuas, lalu tambahkan kentang goreng. Aduk rata dengan bumbu, beri gula dan garam secukupnya, dan tes rasa sebelum diangkat.

Penyajian

Untuk menyajikan, tata nasi putih di tengah piring dan letakkan semua lauk pauk di sekelilingnya. Lengkapi dengan kerupuk, sambal, dan bawang goreng di atas nasi. Nasi rames siap dinikmati!

Selamat mencoba resep nasi rames Jawa Timur ini dan nikmati kelezatannya bersama keluarga!