HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT KAI Daop 1 Jakarta menggelar aksi donor darah di 4 (empat) stasiun yang berbeda di wilayahnya.

Aksi sosial ini merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ke-79 yang jatuh pada hari Sabtu, 28 September 2024 akhir pekan ini.

Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, keempat stasiun yang menggelar bakti sosial donor darat tersebut di antaranya adalah ; Stasiun Cikini, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Cikampek dan Stasiun Sukabumi.

Kegiatan donor darah ini merupakan bentuk komitmen PT KAI mendukung pemerintah dalam bidang kesehatan, serta turut membantu pasokan kebutuhan darah di PMI yang akan diberikan bagi masyarakat yang membutuhkan. 

“Target untuk saat ini adalah 250 kantong darah, 100 kantong di Stasiun Cikini / Kantor Daop 1 Jakarta, dan 3 stasiun lainnya masing-masing 50 kantong,” katanya, saat saat dikonfirmasi Holopis.com, Selasa (24/9).

Adapun petugas medis yang diturunkan sebanyak 20 orang dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi, Kota Karawang, Kabupaten Lebak, Kota Sukabumi,  dan 12 orang dari Unit Kesehatan KAI Daop 1 Jakarta.  

Donor Darah Bersama Daop 1 Jakarta bertajuk “Jadilah Pahlawan Kebaikan, Selamatkan yang membutuhkan” dilaksanakan pada hari ini, Selasa 24 September 2024 mulai pukul 08.00 WIB s/d 12.00 WIB.

Adapun persyaratan untuk dapat mengikuti kegiatan donor darah Bersama Daop 1 Jakarta yaitu : 

1. Usia 17 s.d 65 Tahun.
2. Berat badan lebih dari 45 Kg;
3. Kondisi sehat; dan 
4. terbuka untuk pekerja dan umum.

“Kegiatan sosial kemanusiaan yang dilakukan oleh KAI Daop 1 Jakarta ini juga untuk mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan. Untuk menyelamatkan warga Masyarakat yang membutuhkan secara berkelanjutan,” tuturnyq.

KAI Daop 1 Jakarta mengajak para pekerjanya, penumpang KA di Stasiun Cikini, Cikampek, Sukabumi dan Rangkasbitung untuk turut aktif melakukan donor darah. Kegiatan itu terbuka untuk umum, penumpang KA Jarak Jauh, KA Lokal maupun KRL.

“Semoga dengan kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan tersebut dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan transfusi darah,” pungkas Ixfan.