HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal mendarat perdana di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN) pada siang ini, Selasa (24/9).

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

“Siang ini rencana Bapak Presiden akan mendarat Perdana di Bandara IKN,” ujar Yusuf kepada wartawan, seperti dikutip Holopis.com.

Dia menyampaikan, Jokowi akan terbang dari Pontianak, Kalimantan Barat, setelah melakukan kunjungan pada Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) milik PT Borneo Alumina Indonesia, yang berlokasi di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Dalam pendaratan perdana di Bandara Nusantara ini, Kepala Negara itu bakal menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 RJ8.

“Beliau akan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari Pontianak menuju ke Bandara IKN,” ujar Yusuf.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan bandara Nusantara akan diuji coba dengan tes mendarat pesawat RJ-85, sebelum digunakan oleh Presiden Joko Widodo beraktivitas.

Menurut Basuki, setelah tes pendaratan pesawat oleh RJ-85 selesai dilakukan, Presiden Jokowi sudah bisa beraktivitas kunjungan ke luar kota dari bandara IKN, dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.