Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Kasih Sinyal Cukai Rokok Batal Naik Tahun Depan

Kemenkeu Kasih Sinyal Cukai Rokok Batal Naik Tahun Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan sinyal terkait kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) alias cukai rokok yang rencananya dijadwalkan pada tahun 2025 mendatang batal diimplementasikan.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu, Askolani menyampaikan, bahwa sampai dengan penutupan pembahasan terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 di DPR pada minggu lalu belum memutuskan terkait kebijakan terkait cukai rokok tersebut.

“Posisi pemerintah untuk kebijakan CHT pada 2025 belum akan dilaksanakan,” ujar Askolani dalam konferensi pers APBN KiTa Edisi September 2024, Senin (23/9) seperti dikutip Holopis.com.

Askolani menuturkan, bahwa pemerintah ke depan masih akan melihat alternatif kebijakan lainnya, dengan melakukan penyesuaian harga di level industri, termasuk juga melakukan evaluasi terkait perbedaan rokok golongan I, II dan III yang menimbulkan adanya downtrading.

“Basis arah CHT 2025 akan ditinjau kembali oleh pemerintah untuk bisa dipastikan kebijakan yang akan ditetapkan,” jelasnya.

Adapun sampai dengan akhir Agustus 2024, realisasi penerimaan cukai dalam APBN tercatat sebesar Rp 138,4 triliun, Angka itu meningkat 5,0 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu atau year on year (yoy).

Pertumbuhan penerimaan cukai didorong oleh kenaikan produksi golongan II dan III yang mendorong kenaikan CHT sebesar 4,7 persen yoy menjadi Rp 132,8 triliun.

Sementara penerimaan cukai minuman yang mengandung etil alkohol (MMEA) tercatat sebesar Rp 5,4 triliun atau tumbuh 11,9 persen (yoy) didorong kenaikan tarif dan produksi MMEA dalam negeri.

Sedangkan cukai Etil Alkohol (EA) tercatat sebesar Rp 93,6 miliar, atau tumbuh 21,8 persen sejalan dengan kenaikan produksi.

Dengan kinerja itu, penerimaan cukai turut mendongkrak realisasi penerimaan kepabeanan dan cukai yang secara kumulatif tercatat sebesar Rp 183,2 triliun, atau tumbuh sebesar 6,8 persen yoy.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Digiplus Resmi Hadir di Karawang dengan Dua Gerai Baru

Digiplus, unit bisnis dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), kini hadir di Karawang dengan dua gerai di Karawang Central Plaza dan The Grand Outlet.

IHSG Selamat dari Zona Merah, Perdagangan Ditutup di Level 7.778

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat pada penutupan perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024, setelah sempat berada di zona merah pada perdagangan Senin (23/4) kemarin.

Tak Lagi Berkilau, Harga Emas Antam Hari ini Turun Rp 12.000 Per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Lagi-lagi Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau masih belum mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini ini, Selasai 24 September 2024.