HOLOPIS.COM, IKN – Presiden Jokowi (Joko Widodo) mengaku cukup puas dengan pengalaman perdananya mendarat di bandara IKN (Ibu Kota Nusantara), Kalimantan Timur.

Meski bandaranya tidak terbilang besar, Jokowi pun mengaku kondisi pendaratan esawat Kepresidenan RJ85 yang ditumpanginya berjalan dengan mulus.

“Mulus, ya sangat bagus. Tidak terlalu besar, tapi lebih dari cukup,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (24/9).

Jokowi kemudian sangat bersyukur pendaratan perdananya di bandara IKN berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan.

“Ya alhamdulillah, landing pertama yang semua berjalan dengan baik, alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan ini adalah pertama kali saya turun di Bandara Nusantara, Nusantara Airport,” ujarnya.

Jokowi dan rombongan diketahui berhasil mendarat pukul 16.12 Wita. Setelah mendarat di lokasi, pesawat langsung menyusuri sepanjang runway hingga ujung.

Pesawat yang ditumpangi Jokowi itu disambut dua mobil pemadam kebakaran di sebelah kanan dan kiri. Mobil pemadam kebakaran itu menyemprotkan air ke arah pesawat Jokowi sebagai sambutan pendaratan pertama.

Setelah itu, Jokowi turun dari pesawat dan menuju gedung bandara. Jokowi disambut Menhub Budi Karya Sumadi dan Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni dan sejumlah pejabat lain.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal mendarat perdana di Bandara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN) pada siang ini, Selasa (24/9).

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

“Siang ini rencana Bapak Presiden akan mendarat Perdana di Bandara IKN,” ujar Yusuf.

Dia menyampaikan, Jokowi akan terbang dari Pontianak, Kalimantan Barat, setelah melakukan kunjungan pada Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) milik PT Borneo Alumina Indonesia, yang berlokasi di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Dalam pendaratan perdana di Bandara Nusantara ini, Kepala Negara itu bakal menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 RJ8.

“Beliau akan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ85 dari Pontianak menuju ke Bandara IKN,” ujar Yusuf.