Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizAMMAN Resmikan Smelter Tembaga Perdana Terbesar di Indonesia, Murni Milik Pengusaha Lokal

AMMAN Resmikan Smelter Tembaga Perdana Terbesar di Indonesia, Murni Milik Pengusaha Lokal

HOLOPIS.COMMenteri ESDM (Energi, Sumber Daya Mineral) Republik Indonesia, Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa perusahaan PT Amman Minteral Internasional menjadi perusahaan yang berani membangun smelter hasil tambang tembaga di Indonesia.

“Sejak Bung Karno, Pak sampai di zaman Bapak, undang-undangnya semua sudah ada, tapi yang berani eksekusi untuk membangun tembaga di Republik ini hanya di zaman bapak Presiden Joko Widodo,” kata Bahlil dalam sambutannya di acara peresmian Smelter PT AMMAN Mineral Internasional Tbk di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (23/9) seperti dikutip Holopis.com.

Menurut Bahlil, pembangunan smelter hasil tambang tembaga ini tidak hanya sekadar kemauan, tapi diperlukan pula keberanian.

“Ini membang dibutuhkan keberanian,” sambungnya.

Ditambah lagi, Bahlil pun menyatakan bahwa smelter ini merupakan smelter pertama yang dimiliki oleh pengusaha lokal Indonesia. Tidak ada campur tangan BUMN maupun perusahaan asing dalam pengelolaan dan operasional smelter.

“Ini smelter pertama milik pengusaha nasional. Ini bukan asing, jadi saya harus mengatakan bahwa AMMAN adalah perusahaan yang meletakkan awal sejarah panjang untuk membangun hilirisasi di sektor tembaga,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia pun berharap peresmian smelter tambang milik PT AMMAN tersebut bisa menjadi daya tarik bagi pengusaha lokal lainnya untuk berbondong-bondong membangun pengelolaan hasil tambang sendiri, sehingga nilai jual hasil bumi di Indonesia tidak mentah dijual ke pasar, baik domestik maupun mancanegara.

“Harapan kita besok pengusaha-pengusaha nasional yang sudah dikasih izin-izin tambang kalau tidak bangun smelter, saya izin saya akan tinjau saja. Jadi dipaksa dulu bangun smelter, kalau tidak izinnya nanti buat jual-jual saja,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bahlil Lahadalia juga mengklaim smelter ini merupakan pabrik pengelolaan hasil konsentrat terbesar kedua setelah PT Freeport Indonesia.

“Ini adalah pabrik terbesar nomor dua setelah Freeport. Kalau Freeport itu 49% saham luar negeri, 51% saham BUMN. Kalau yang ini pak, no asing, no aseng, maupun BUMN. Ini milik mereka, mudah-mudahan bayar pajak dengan baik,” pungkas Bahlil.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jokowi Harap Smelter PT Amman Jadi Multiplayer Effect bagi NTB dan Indonesia

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi pembangunan smelter atau pabrik pengolahan hasil tambang oleh PT AMMAN Mineral Internasional Tbk yang ada di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Awal Pekan, Harga Emas Antam Masih Stagnan di Level Rp 1.455.000 per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

Awal Pekan, Harga Emas di Pegadaian Kompak Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

Hati-Hati, IHSG Rawan Koreksi di Perdagangan Awal Pekan Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) rawan terkoreksi pada perdagangan awal pekan ini, Senin (23/9), setelah IHSG mencatatkan kinerja buruk pada pekan lalu.