HOLOPIS.COM, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Minggu 22 September 2024.

Berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani, cuaca Jateng umumnya bakal berawan di pagi hingga siang hari nanti. Kemudian pada sore hingga malam harinya, cuaca Jateng umumnya berawan.

Kendati demikian, BMKG melihat adanya potensi turun hujan dengan intensitas ringan, khususnya di wilayah Pegunungan Tengah pada siang hingga malam nanti.

Adapun secara rinci, potensi hujan ringan tersebut bakal melanda sejumlah wilayah Kabupaten/Kota di Jateng, seperti wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Temanggung, Kendal, Batang, dan Kajen.

Cuaca hujan ringan juga berpotensi mengguyur wilayah Pemalang, Slawi, Magelang, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa. Sementara untuk wilayah lainnya hanya akan didominasi oleh cuaca berawan saja.

Adapun untuk pergerakan angin di Jateng pada hari ini umumnya bakal berhembus dari arah Barat Laut ke Selatan, dengan kecepatan berkisar antara 3 hingga 25 kilometer/jam.

Sementara untuk perkiraan rata-rata suhu udara di Jateng bakal berkisar antara 13 hingga 35 derajat Celcius, dengan kelembaban di angka 40 – 95 persen.

Tak hanya itu, BMKG juga merilis ;informasi terkait prakiraan tinggi gelombang di perairan Jateng, dimana untuk perairan Selatan terlihat cukup tinggi berkisar 0,8 hingga 2,5 meter. Sedangkan tinggi gelombang di wilayah perairan Utara Jateng kurang dari 1 meter.