HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan kepada beberapa pemimpin negara seperti Australia, India, dan Jepang, bahwa China saat ini sedang menguji mereka.

Peringatan dari Joe Biden itu diucapkan saat menghadiri pertemuan puncak perpisahan di Wilmington, Delaware dengan Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

“China terus berperilaku agresif menguji kita di seluruh kawasan,” demikian disampaikan Joe Biden, dikutip Holopis.com, Minggu (22/9).

Biden menjelaskan, meskipun Presiden China Xi Jinping tetap fokus pada tantangan ekonomi dalam negeri, ia tetap mencari ruang diplomatik agar bisa mengejar kepentingan China.

Pernyataan Bersama Setelah KTT

Setelah pertemuan tersebut, keempat pemimpin mengatakan bahwa mereka turut prihatin atas ketegangan yang terjadi di perbatasan negara-negara mereka.

“Kami sangat prihatin dengan situasi di Laut Chian Timur dan Selatan,” demikian pernyataan resmi dari mereka.

Mereka mengutuk manuver intimidasi yang ada di Laut China Selatan, yang sedang bermasalah dengan Filipina, dan negara-negara terkait lainnya.

Sebagai informasi, pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur memang sudah lama menjadi sumber ketegangan antara Jepang, dan juga China.