HOLOPIS.COM, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) bakal menetapkan pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) pada hari ini, Minggu (22/9).

Berdasarkan informasi yang diterima Holopis.com, penetapan pasangan cagub-cawagub di Pilgub Jateng 2024 bakal diumumkan sekitar pukul 14.00 WIB.

Adapun bakal pasangan cagub-cawagub yang bakal ditetapkan pada hari ini, yaitu pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen dan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

Namun kedua bakal pasangan calon tersebut tidak akan hadir dalam agenda penetapan tersebut. Kedua pasangan itu dikabarkan bakal diwakilkan oleh tim pemenangan masing-masing.

Diketahui sebelumnya, KPU Jawa Tengah telah menyatakan dua bakal pasangan cagub-cawagub Jateng telah memenuhi syarat untuk maju dalam Pilkada 2024.

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono mengatakan, bahwa perbaikan dan klarifikasi atas dokumen yang diperlukan sudah dilakukan oleh kedua bakal pasangan calon tersebut.

“Dokumen yang belum memenuhi syarat sudah dilakukan perbaikan dan diklarifikasi,” ujar Handi, Jumat (13/9).

Selanjutnya, KPU Jateng akan menetapkan kedua kandidat tersebut menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada hari ini.

“Nanti di tanggal 22 (September 2024) secara internal kami akan menuangkan hasil ini menjadi penetapan pasangan calon,” ujarnya.

Sehari setelahnya, KPU akan mengundi nomor urut pada 23 September 2024 sekitar pukul 19.00 WIB, sebelum masa kampanye yang akan dimulai pada 25 September 2024.

Adapun sebelum masa kampanye, KPU akan berkonsolidasi terlebih dahulu tentang pelaporan tim pemenangan, jadwal kampanye, serta pelaporan rekening dana kampanye.

“Hingga saat ini, belum ada pasangan calon yang melaporkan tim pemenangan ke KPU,”ujarnya.